Langsung ke konten utama

penemuan planet baru

Penemuan 4 planet baru yang berada di luar tata surya kita telah turut memeriahkan semaraknya  penyambutan tahun baru 2012. Beberapa hari lalu, para ahli perbintangan dari Harvard-Smithsonian center for Astrophysics menemukan empat planet baru yang dikenal sebagai EXOPLANET yang semakin menambah panjang daftar penemuan planet-planet yang berada di luar tata surya kita.


Ke empat Exoplanet tersebut diberi nama HAT-P-34b,HAT-P-35b, HAT-P-36b, dan HAT-P-37b yang masing-masing memiliki waktu orbit 5,5 hari, 3,6 hari, 1,3 hari, dan 2,8 hari. Di lihat dari lamanya planet tersebut mengorbit dapat disimpulkan bahwa Ke empat planet tersebut seluruhnya memiliki lingkaran orbit yang sangat kecil. Seperti telah diketahui bersama, setiap planet mempunyai obligasi untuk mengorbit bintangnya masing-masing. Seperti bumi mengorbit matahari.

Penemuan 4 planet baru ini masih tidak dapat mengindikasikan adanya planet lain yang seperti bumi kita. Sehingga pertanyaan tentang kemungkinan adanya makhluk hidup lain di luar angkasa masih belum bisa di jawab. Exoplanet ini, sebagian besar merupakan  sebentuk massa gas raksasa yang mengorbit sangat dekat pada bintangnya, bahkan ada yang lebih dekat dari jarak Mercurius ke Matahari. Dengan begitu bisa di perkirakan bahwa suhunya lebih panas dari Bumi sehingga tidak mungkin ada makhluk hidup yang dapat tinggal di sana.

Pada akhir 2011, terdapat total 716 planet yang telah dikonfirmasi sebagai exoplanet, dan 2.326 planet yang masih berupa kandidat exoplanet. Planet-planet tersebut ditemukan oleh teleskop yang mengorbit di luar angkasa seperti Kepler, serta pusat pengamatan antariksa di Bumi yang dikenal dengan jaringan teleskop yang dioperasikan oleh para astronom dari Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics. Jaringan teleskop tersebut, dikenal dengan nama HATNet project, adalah yang pertama kali menemukan exoplanet HAT-P-1b, pada 2006 silam.

Dengan adanya penemuan 4 planet baru (exoplanet) ini di harapkan akan semakin mencerahkan aktivitas para astronom di bumi dan menambah semangat mereka untuk terus menerus berusaha tanpa kenal lelah untuk mencari kemungkinan adanya kehidupan lain di luar planet bumi kita yang semakin menua.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sunset, beach,mediatation and peace

one story every week well, i dont know if someone gonna read this, but i just want to say something for my blog.#livesgoal so now i'm gonna tell u about my experience. last week i want to be more productive than a week before, so i start looking at some activities to do. i start with sport, actually i really wanna know about basket ball, i wish i can play basket ball, but i dont really know how to play this thing. sooo i start looking the new one. and thats it. i found another activity that's really interesting. its called meditation. i start to do this kind of thing.  you know it is even so easy to do. you just need to take a breath. and thats it. dont do anything. just peace. as addiction you can play a music thats fit with that. maybe meditation music ?. first, i just feel so funny. its just breath. what the hell ? i cant hold my laugh. this is just so funny. but the next day, i tried to do that again. and i feel peace. its just like u can feel yourself.

A joke

  My Goal for the Future If u ask me this, I got a lot of things. Kayanya aku bakal mulai perjalanan dan buka usaha atau coba kerja sama dengan orangtuaku yang sangat sulit dibicarakan tapi pengen buka usaha makanan dirumah. Dan tadi waktu ku baca diaryku umur 25 tahun ternyata aku mau buat karya sebanyak banyaknya dan umur 30 aku mau bisa berguna lagi dan buka panti asuhan anak kecil dan bayi terlantar, kayak di bali Namanya mama dan Megha aku nonton di kick andy and I really think that is a good idea. Dan mungkin aku bisa pindah dan tinggal di bali dan memulai kehidupan impianku, jujur sekarang aku lagi berfikir tiap harinya what is my passion. Walaupun aku sedang mencoba banyak hal tapi satu yang kutahu aku senang buat karya, dan sama seperti menulis di blog selama 30 hari ini, aku semangat menjalaninya karena ada kalian yang baca. Tapi untuk sekarang kurasa aku masih mau jadi diriku sendiri seperti hari ini,gak terlalu peduli dengan apa yang dibilang orang, dan mencoba apa

PARIWISATA DI GUNUNG

10 Gunung Terindah di Indonesia 1. Gunung Rinjani Gunung Rinjani adalah gunung yang berlokasi di Pulau Lombok , Nusa Tenggara Barat . Gunung yang merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 m dpl serta terletak pada lintang 8º25' LS dan 116º28' BT ini merupakan gunung favorit bagi pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya. Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas sekitar 41.330 ha dan ini akan diusulkan penambahannya sehingga menjadi